Politik Uang

Sebentar lagi kita akan mengikuti salah satu pesta rakyat terbesar di Indonesia, yaitu Pemilihan Umum atau Pemilu. Tetapi apakah anda sudah menentukan akan memilih siapa ? Parpol apa ? Mungkin untuk yg masih bingung atau sedang dalam mencari referensi, kita bisa bersama-sama mengutarakan pendapat disini. Saya basically bukan dari orang politik, dan tidak ada minat berkecimpung di dunia Politik. Namun bagi saya penting untuk mengajukan pendapat tentang politik. Jika kita terus berdiam diri dan bersikap masa bodoh terhadap politik, kita tidak akan tahu kalau kita sedang dibohongi.

Sistem Politik di Zaman sekarang tidak bisa dibilang baik. Mengapa? Lihat saja, Suara anda, Hak pilih anda, bisa saja digantikan oleh uang. Uang menguasai semuanya. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan sistem seperti itu. Jika sistem seperti itu berlanjut, saya tidak tahu apakah yg akan terjadi terhadap Negara kita. Karena kita akan dipimpin oleh orang-orang yg rakus akan harta, dan jabatan. Bagaimana nasib anak-cucu kita kelak jika mereka dipimpin oleh orang-orang yg sedemikian? Hanya Tuhan yang tahu.

Memang saya tidak munafik, uang adalah kebutuhan. Tetapi memilih pemimpin adalah hak mutlak bagi kita yg tidak bisa dikendalikan oleh orang-orang yg ber-uang. Disebut dengan Money Politics, atau Politik Uang yang berarti suatu cara pemberian/penyuapan agar orang yg diberi suap memilih parpol tertentu. Hal ini tentu saja melanggar hukum dan aturan Pemilu itu sendiri. Sesuai dengan pasal 73 ayat 3 UU No.3 Tahun 1999, berbunyi “Barang siapa pada waktu diselenggarakannya pemilihan umum menurut undang-undang ini dengan pemberian atau janji menyuap seseorang, baik supaya orang itu tidak menjalankan haknya dengan cara tertentu, dipidana dengan pidana hukuman penjara paling lama tiga tahun. Pidana itu dikenakan juga kepada pemilih yang menerima suap berupa pemberian atau janji berbuat sesuatu”.

Dari UU tersebut sudah jelas dan dapat kita simpulkan bahwa Politik Uang merupakan suatu pelanggaran. Tetapi apa mau dikata hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi Parpol, Politik Uang sudah seperti kewajiban yg harus dilakukan. Jika awalnya sudah biasa melakukan pelanggaran, jelas korupsi sudah menjadi hal biasa bagi Caleg ataupun Parpol. Apa yang kita bisa perbuat kalau pemimpin kita memiliki sifat tersebut? Yang seharusnya mengemban tugas dengan baik dan membenahi Infrastruktur Negara. Maka dari itu, kita tidak bisa berdiam diri dan bersikap masa bodoh. Anda berhak menentukan pilihan, jika hendak golput, maka anda-pun tahu konsekuensinya.

Hidup itu merupakan suatu pilihan, dan Golput adalah pilihan yg buruk. Memang benar banyak caleg yang melakukan Money Politics, tapi apakah semuanya melakukan hal tersebut ? Jawabannya tidak. Kita hanya terlalu disibukkan dengan negative mind dan stereotip yg masuk tanpa memperdulikan benar atau tidaknya informasi yg beredar tersebut. Di era Internet sekarang , kita sangat mudah mendapatkan informasi. Jika anda ingin tahu tentang Partai politik, anda bisa Googling. Anda bisa lihat dan rekam jejaknya, Bagaimana progress partai tersebut. Yang kita butuhkan hanyalah aktif dan peka terhadap informasi. Mengutip dari bit Ernest Prakasa tentang Politik, anda boleh golput. Tapi jangan dengan cara tidak datang ke TPS. Pilih saja caleg yang programnya sreg dengan anda. Karena jika anda tidak memilih, suara anda bisa disalahgunakan, tuturnya.

Jadi, bagi yang masih stay dengan pendirian golputnya, Silahkan. Saya tidak berhak untuk mengomentari hak anda. Tapi buka pikiran anda. Jangan terus bersikap masa bodoh terhadap politik. Jangan mau terima uang dari Parpol tertentu, hindari dari pelanggaran tersebut. Uang itu tidak akan membuat kamu kaya mendadak. Tetapi justru membuka peluang bagi si Caleg untuk melakukan pelanggaran-pelanggaran lainnya jika di Pemilu nanti ia terpilih. Jangan sampai Negara kita berada di tangan yang salah. Sekian pendapat saya, semoga bisa jadi referensi anda nantinya. Semoga Negara kita selalu diberi keberkahan dan masalah-masalah di Indonesia terutama di Samarinda agar dapat cepat teratasi. Amin!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s